Renungan

ORANG YANG BERBAHAGIA(7)

Matius 5: 10-12


Berbagi    

Pendahulan

Hari ini kita sudah sampai pada Ucapan Bahagia yang terakhir yaitu yang kedelapan dalam khotbah Tuhan Yesus di bukit. Tuhan Yesus mengajarkan bahwa Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran. Apa maksud dari pengajaran Tuhan Yeus ini? Oleh sebab itu kita akan mempelajari pengertian dan maksud Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran.

1. Menjadi Pengikut Kristus Harus Siap ditolak oleh Dunia dan Menderita

Kebenaran sejati adalah Tuhan Yesus sendiri, namun untuk menerima Tuhan Yesus sebagai kebenaran dalam hidup kita maka kita harus siap untuk memikul salib/penderitaan karena penolakan dari dunia ini. Tidak sedikit orang percaya, demi mengikut Yesus harus diusir dari keluarganya, tidak mendapat bagian hak waris miliknya, harus kehilangan pekerjaan atau jabatannya, dicela, difitnah, dianiaya bahkan dibunuh karena memilih untuk mengikut Yeus. Kita sebagai orang yang percaya kepada Yesus sering diperlakukan tidak adil dan semena-mena karena nama Yesus. Penolakan dari dunia juga akan terjadi ketika kita hidup dengan prinsip-prinsip kebenaran Firman Tuhan. Ketika kita tetap jujur dalam kelompok kerja yang melakukan kecurangan maka kita akan ditolak/dikucilkan oleh mereka dan sebagainya. Namun semua penolakan dunia kepada kita yang memilih kebenaran akan menjadi ujian kemurnian dan kesetiaan kita kepada Tuhan. Orang-orang yang tetap memilih untuk hidup dalam kebenaran akan menerima bagaian Kerajaan Sorga.

2. Memiliki Sikap yang Benar Menghadapi Penderitaan

Tuhan Yesus mau kita sebagai orang yang percaya kepada-Nya memiliki sikap/respon yang benar menghadapi pendeitaan dari dunia ini yang menolak kebenaran. Sikap yang salah bisa berupa marah, benci, dendam, susah hati, mengasihani diri sendiri, lari kepada dosa dan sebagainya yang justru akan membuat kita hidup dalam kekalahan dan kehilangan iman. Tuhan mau kita memiliki sikap/respon bersukacita dan bergembira (ay.12 bandingkan 1Petrus 4:13-14). Mengapa bersukacita? Alasannya sebab Upah Besar di Sorga telah menanti bagi kita yang tetap berpegang teguh kepada kebenaran.

Materi Sharing

Ceritakan pengalaman Saudara mengalami penolakan dunia oleh karena kebenaran dan

bagaimana respon Sudara mengahadapinya?


Baca Juga Yang Lain


ORANG YANG BERBAHAGIA(7)
Hari ini kita sudah sampai pada Ucapan Bahagia yang terakhir
BERPUASA (1)
Alkitab banyak sekali mengajar tentang berpuasa, sebab berpuasa adalah bagian dari bentuk ibadah kita kepada Tuhan